15 Aplikasi Manajemen Toko Terbaik untuk Bisnis Anda!

Table of Contents

Mekari Qontak Highlights Aplikasi manajemen toko membantu pemilik bisnis mencatat transaksi, stok, hingga laporan secara otomatis dan real-time. Setiap aplikasi memiliki keunggulan berbeda, mulai dari kemudahan pakai, fleksibilitas cloud, hingga harga yang bersahabat. Mekari Qontak direkomendasikan karena menawarkan CRM omnichannel terintegrasi, cocok untuk bisnis ritel hingga franchise.

Kemajuan teknologi membuat pengelolaan toko semakin praktis dengan bantuan aplikasi manajemen toko atau Point of Sales (POS). Aplikasi ini mampu mengotomatiskan berbagai tugas rutin seperti pembaruan stok dan pembuatan invoice, sehingga tim sales bisa lebih fokus pada aktivitas penjualan dan mendorong peningkatan pendapatan bisnis.

Untuk membantu Anda memilih solusi terbaik, kami telah meriset dan merangkum 15 aplikasi manajemen toko terbaik yang bisa digunakan untuk memaksimalkan operasional bisnis. Simak rekomendasi lengkapnya pada ulasan berikut.

Apa Itu Aplikasi Manajemen Toko?

Mekari Qontak Aplikasi Manajemen Toko Terbaik

Aplikasi manajemen toko, atau sering disebut retail software, adalah program yang membantu toko mengelola semua kegiatan penjualan. Aplikasi ini bisa mengoptimalkan seluruh operasional toko mulai dari penataan barang dagangan (merchandising) hingga pengaturan rantai pasokan, semua terhubung dalam satu sistem.

Software toko yang dikenal juga sebagai aplikasi kasir ini membantu bisnis untuk mengelola inventaris, restock, promosi, kinerja sales, tim support dan pelanggan. Aplikasi ini akan mengumpulkan informasi pelanggan secara real-time. Dengan begitu, ritel mendapatkan informasi terkait data operasional dan informasi yang kontekstual, real-time, dan interface.

Software toko juga memungkinkan toko untuk melacak tren penjualan dan produktivitas di berbagai saluran penjualan. Hal ini memudahkan Anda mendeteksi apabila terjadi masalah dan juga bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk peningkatan penjualan.

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Toko Terbaik di Indonesia

Berikut ialah 15 pilihan aplikasi manajemen toko terbaik yang dapat Anda coba dalam mengelola manajemen pada toko ritel Anda. Anda dapat membandingkan fitur yang ditawarkan pada masing-masing aplikasi berikut:

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak adalah aplikasi CRM terbaik yang berfungsi sebagai managemen toko. Aplikasi manajemen toko Mekari Qontak mampu mendorong pertumbuhan bisnis cepat dengan melacak tim penjual, KPI, aktivitas dan penyimpanan database dalam platform terpadu.

Selain itu, Mekari Qontak menawarkan fitur lengkap yang dapat memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda mulai dari pemesanan, pembayaran hingga pengiriman. Aplikasi Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan sistem dan saluran lain. Hal ini memastikan semua transaksi dapat dilacak dari satu dasbor.

2. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal menawarkan aplikasi kasir Jurnal Touch untuk perangkat android. Kemudahan yang ditawarkan tidak menghilangkan dungsi utama untuk membuat nota, faktur (invoice), bahkan purchase order secara online. Aplikasi kasir ini juga secara otomatis menyimpan semua transaksi yang terjadi dalam toko online Anda.

3. Oktopus Solution

Oktopus Solution adalah sistem POS inovatif yang memberikan pengalaman efisien dan produktif untuk tim dan pelanggan Anda. Aplikasi POS mendukung pembayaran transaksi lebih efisien dan cepat, program pengelolaan inventaris dan bisa menerima pembayaran kartu kredit.

4. Springboard Retail

Springboard Retail adalah cloud-hosted POS yang komprehensif namun mudah digunakan oleh toko. Salah satu aplikasi kasi ini dapat disesuaikan sehingga memaksimalkan sumber daya ritel, meningkatkan efisiensi dan boost sales.

5. Epos Now

Epos Now adalah aplikasi manajemen toko untuk usaha kecil hingga menengah sebagai manajemen inventaris, manajemen pelanggan, dan manajemen akuntansi ritel. Perusahaan ritel menggunakan Epos Now untuk menggunakan timbangan elektronik, pemindai kode batang dan pembayaran kartu kredit, diskon otomatis, pembatalan pesanan, dan banyak lagi.

6. LS Nav

LS Nav adalah software retail yang lengkap untuk mengelola bisnis secara efisien dari kantor pusat hingga terminal POS. Dengan LS Nav, Anda memegang kendali penuh atas proses bisnis dengan akses real-time ke database dan alat analisis.

7. True POS

TruePOS adalah aplikasi manajemen toko yang juga berbasis point of sales (POS). Aplikasi POS ini dirancang hanya mendukung satu agen saja dengan transaksi dibatasi 100 setiap bulannya, sehingga cocok digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UMKM).

8. Retail Pro

Retail Pro adalah salah satu aplikasi toko terbaik yang diakui di seluruh dunia karena kaya akan fungsionalitas dan fleksibilitas. Aplikasi Point of Sales ini menampilkan manajemen inventaris, promosi, manajemen pelanggan, back office, kinerja agen dan kemampuan pelaporan KPI.

9. Robotill

Robotill adalah aplikasi manajemen toko gratis tanpa batas tapi tidak terdapat fitur backup data. Aplikasi Point of Sales ini didukung dengan fitur yang lebih lengkap, Anda perlu upgrade ke versi berbayar.

10. Floreant

Floreant menawarkan aplikasi kasir yang cocok digunakan untuk segala jenis usaha terutama dalam bidang food and beverage. Keunggulan dari aplikasi manajemen toko ini mempermudah pelanggan yang ingin memisahkan tagihan dengan pelanggan lainnya.

11. Aronium

Aronium menawarkan aplikasi toko gratis yang bisa didownload melalui Playstore. Aplikasi kasi ini menawarkan beragam fitur yang bisa diakses tanpa jaringan internet (offline). Fitur tersebut, merupakan ditur dasar aplikasi kasir, serta fitur tambahan laiknya footer struk transaksi yang bisa dikustomisasi, laporan penjualan dalam grafik yang interaktif.

12. Lightspeed

Lightspeed menyediakan aplikasi kasir yang dirancang untuk bisnis kecil karne hanya mampu meregistrasi 10 produk aktif saja. Aplikasi manajemen toko ini memiliki sistem pemindaian batang yang terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti manajemen inventaris dan sistem titik penjualan, yang memungkinkan pekerja ritel memindai informasi kode batang produk langsung dari aplikasi kamera ponsel mereka.

13. Moka POS

Moka POS merupakan aplikasi kasir basis cloud yang mampu meringankan beban tim bisnis dalam mengelola penjualan. Aplikasi POS ini dapat mengelola bisnis seperti melihat transaksi, membuat menu, dan juga cek stok barang. Selain itu, Moka POS juga dilengkapi dashboard pelaporan harian secara yang dapat dipantau secara real time dan dapat diakses dari handphone.

14. Omega POS

Omega POS adalah aplikasi kasir yang memiliki keunggulan dalam hal manajemen stok toko. Dimana aplikasi ini dirancang untuk mempermudah karyawan dalam bekerja sehingga menghemat waktu. Omega POS dilengkapi manajemen item yang mudah dipahami, jenis pembayaran & diskon yang bervariasi.

15. Pawoon

Pawoon adalah aplikasi kasir sederhana yang bisa diakses melalui perangkat android. Aplikasi ini menawarkan interface sederhana sehingga mudah digunakan oleh orang awam sekaligus. Meski begitu, Anda dapat melihat semua transaksi yang terjadi diseluruh cabang toko Anda secara real time melalui aplikasi ini.

Jenis-jenis Aplikasi Manajemen Toko

Aplikasi manajemen toko memiliki beberapa jenis yang bisa digunakan oleh bisnis Anda. Berikut jenis software toko yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  • Payment processing software: menghubungkan toko dengan bank dan sistem pembayaran lainnya.
  • Inventory management: membantu mengelola inventaris toko dan mengotomatiskan beberapa proses dari pembelian hingga tempat penjualan.
  • CRM (Customer Relationship Management): membantu meningkatkan hubungan dengan pelanggan, menemukan pelanggan baru dan calon pelanggan.
  • Employee Management: membuat akun karyawan untuk melihat pekerjaan, memudahkan toko untuk memantau progres kinerja mereka.
  • Reporting and Analytics: menyediakan alat analitik untuk mendapatkan informasi terkait bisnis ritel.
  • POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir: menyatukan berbagai fungsi keuangan, kontrol inventaris, pengelolaan diskon, pembayaran dan pengembalian.
  • Enterprise Resource Planning (ERP): memungkinkan ritel mengintegrasi dengan sistem pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan.
  • E-commerce Platforms: wajib dimiliki toko online yang ingin terlibat dalam industri e-commerce.
  • Omnichannel Retail Platforms: solusi penjualan digital yang menghubungkan berbagai saluran penjualan, baik online maupun offline.

Fitur yang Wajib Dimiliki Aplikasi Manajemen Toko

Setiap aplikasi manajemen toko menawarkan fitur yang beragam. Fitur-fitur tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Diantara banyaknya fitur tersebut, berikut ini fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi toko terbaik:

  1. Dashboard pelaporan: menyajikan data-data yang berkaitan dengan penjualan / sales dari toko Anda secara akurat.
  2. Manajemen Inventori: membantu retail mengelola stok barang yang Ada di etalase ataupun gudang.
  3. Manajemen Pelanggan: manajemen pelanggan mampu mengumpulkan riwayat pemesanan atau pembelian yang dilakukan oleh pelanggan Anda secara otomatis.
  4. Otomatisasi: sistem otomatisasi dibutuhkan untuk mempercepat siklus penjualan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Manajemen Toko

Software toko bermanfaat untuk mempermudah Anda dalam mengelola retail. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menggunakan retail software, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempercepat proses jual beli
  • Efektifitas dan efisiensi penghitungan dan pencatatan transaksi penjualan
  • Meningkatkan layanan pelanggan
  • Laporan dan pembukuan eksklusif rapi akurat
  • Membantu proses monitoring penjualan Bisnis
  • Meningkatkan keuntungan
  • Mudah dalam merekap stok barang yang tersedia dalam toko
  • Aman untuk digunakan oleh bisnis ritel

Bagaimana Memilih Aplikasi Manajemen Toko Terbaik?

Aplikasi manajemen toko merupakan solusi cerdas bagi ritel yang ingin meningkatkan penjualan dan produktivitas. Untuk menikmati manfaat dari aplikasi manajemen toko secara optimal, Anda perlu mengikuti langkah-langkah memilih aplikasi toko terbaik berikut:

  1. Cari Vendor Aplikasi Manajemen Toko
  2. Perencanaan dan Anggaran
  3. Pengembangan dan Implementasi
  4. Uji Coba Secara Rutin
  5. Lakukan Perawatan Aplikasi Manajemen Toko

Dengan memilih aplikasi manajemen toko yang tepat, bisnis Anda akan lebih efisien dan siap menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.

Posting Komentar